Home

Jumat, 01 Mei 2015

5 Hal yang harus kamu lakukan untuk melawan 'DISTRAKSI'

          Istilah distraksi memang tidak asing di telinga para mahasiswa. Distraksi merupakan suatu pengecoh yang dapat mengganggu fokus seseorang. Distraksi bisa datang kapan saja. Bisa datang dari teman, kebiasaan, maupun barang-barang yang menggiurkan. Misalnya saja kamu nih mahasiswa tingkat akhir yang lagi fokus mengerjakan skripsi, tiba-tiba ada BBM dari temanmu ngajakin jalan, dia bilang lagi ada diskon besar-besaran di matahari. Woww! Bagi kamu para cewek yang hobi belanja, pastilah fokusmu terkecoh dan langsung meng-iya-kan ajakan temanmu. 
          Distraksi nggak cuma mengganggu mahasiswa tingkat akhir saja loh! Tapi juga menghantui mahasiswa yang baru lulus seperti saya ini. Misalnya saja saya, punya cita-cita yang belum tercapai dan nggak cukup dengan pendidikan Sarjana saja, saya harus melanjutkan pendidikan Master. Tidak dipungkiri, menunggu adalah hal yang sangat membosankan, apalagi nggak ada aktivitas rutin seperti saat masih jadi mahasiswa. Menunggu saat wisuda datang, menunggu pendaftaran pascasarjana dibuka, menunggu, menunggu, dan menunggu. Disela-sela waktu menunggu selalu ada saja distraksi yang mencoba mengecohkan fokus saya, mulai dari godaan-godaan lowongan pekerjaan, sampai bisikan sinis dari mama. Ahh! Itu semua sangat memenuhi otak!
Nah untuk itu aku pengen berbagi tips buat kamu, gimana sih caranya melawan distraksi?

1. Buatlah DREAM BOOK

Dream book berupa buku yang berisi impian. Dream book yang kamu buat nggak perlu mewah, bisa sederhana saja tapi bermakna. Tulis semua impian-impianmu di dalamnya. Semuanya tanpa terkecuali! Terutama impian dan cita-cita yang belum sempat kamu wujudkan. Buat seunik mungkin dan mudah diingat. sertakan gambar-gambar yang menarik di setiap impian yang kamu tuliskan. Misalnya impianmu bisa beli mobil CRV, tempelkan gambar mobil CRV beri kata-kata menarik untuk menggambarkan impianmu.

2. Catat agenda sehari yang ingin kamu lakukan

Setelah kamu memiliki Dream Book. Kamu juga harus punya long book notes. Long book notes ini fungsinya untuk mencatat segala hal yang ingin kamu lakukan sehari. Buatlah setiap hari. Disamping bisa melawan distraksi, long book notes ini juga bisa berguna untuk memori pengganti otak. Jadi otakmu juga akan merasa terbantu dan meringankan beban otak kirimu. Hehehe

3. Pasang poster orang sukses yang inspiratif bagimu

Poster/gambar seseorang yang sudah suksea yang inspiratif bagimu akan membantumu melawan diatraksi. Misalnya saja pasang poster Merry Riana dalam kamarmu dan hiasi dengan kata-kata motivatornya. Bisa dipastikan tiap masuk kamar kamu akan selalu lihat dan selalu ingat pada tujuan utamamu!

4. Selalu bawa DREAM BOOK kemanapun

Dream Book yang telah kamu buat, jangan ditumpuk diantara buku-buku pelajaran yang membosankan dan jarang banget kamu buka. Usahakan bawa kemanapun kamu pergi! Supaya bisa kamu lihat, kamu baca, kapanpun dan dimanapun. Fungsinya untum selalu mengingatkan kamu pada tujuan utamamu, pada impian-impianmu, dan cita-citamu dimasa depan.

5. Cuek saja apa kata orang
Nah yang terakhir, CUEK aja apa kata orang! Misalnya saja temanmu dari seberang telpon sana ngajakin kamu nongkrong, tapi karna kamu sedang berusaha melawan distraksi, kamu menolaknya. Lalu dia mencemooh kamu dengan bermacam kata panas bagaikan kompor! Iya kompor banget! Santai santai...jangan mudah terpancing dengan rayuan gombalnya. Cuek aja! Tetap fokus pada tujuan! Nanti juga dia ngiler kalau lihat kamu lulus atau sukses duluan.

Tidak ada komentar: